Web Browser

Diposting oleh Label: pada
Postingan kedua tentang Web. sekarang saya sedikit mengulas tentang apa itu Web Brower? kita mulai dari pengertiannya dulu yaaahh... :D


Pengertian Web Browser


Berikut ini adalah pengertian web browser menurut para ahli.
  • Menurut Ali Zaki, web browser adalah sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer dengan jaringan internet.
  • Menurut Suwanto raharjo, web browser adalah salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan internet lainnya.
  • Menurut Lia Kuswayatno, web browser adalah perangkat lunak yang digunakan untuk membuka website dengan cara menuliskan alamat situs yang akan dituju pada kota address.
  • Menurut Yuhefizar, web browser adalah metode untuk menampilkan informasi di internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang memiliki kelebihan untuk menghubungkan satu dokumen dengan dokumen lainnya.
  • Menurut Smitdev Community, web browser adalah lawan kata dari server yang bertugas untuk menampilkan halaman website.
  • Menurut Gustav Pahala Frans, web browser adalah aplikasi atau program yang digunakan untuk mengoperasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.
  • Menurut Rachmad Hakim, web browser adalah aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet. Fungsi dari web browser adalah untuk menampilkan halaman web atau melakukan interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.

Web browser pertama kali yang pernah dibuat adalah Mosaic. Namun, pada tahun 1994 web browser ini mulai ditinggalkan oleh pemakainya. Sejak saat itu munculah Netscape Navigator sebagai pengganti Mosaic, semuanya terus berkembang hingga akhirnya ditemukan Internet Explorer yang terus dipakai oleh user hingga sekarang. tujuan dari Web Browser untuk membawa sumber informasi kepada pengguna. Proses ini dimulai ketika pengguna memasukan sebuah Uniform Resource Identifier (URL), Misalnya http://catatantempel.blogspot.com ke dalam browser.

Fungsi - Fungsi Web Browser

a. Caching
Berfungsi untuk mereduksi penggunaan bandwidth, mengurangi kesibukan web server dan mencegah terjadinya lag

b. Authentication
Pengertian Authentication adalah proses verifikasi untuk memastikan keamanan jaringan di perangkat nirkabel agar kompatibel dan sesuai dengan jaringan nirkabel operator seluler yang aman.

c. State High Maintenance
Penegertian State High Maintenance adalah sebuah mekanisme untuk memastikan bahwa web browser tetap stabil.

d. Requesting supporting data item
Requesting supporting data item berfungsi untuk meminta item yang mendukung data yang diminta oleh user.

e. Taking action in responses to other header & status code
Jika anda mengunjungi suatu situs, komputer akan meminta data dari server melalui HTTP. Bahkan sebelum halaman yang diminta akan ditampilkan dalam browser, web server akan mengirimkan header HTTP yang memiliki kode status. Kode status inilah yang menyediakan informasi tentang status permintaan

f. Rendering complex object
Pengertian Rendering complex object adalah Proses pengumpulan semua yang ada pada dalam halaman web serta efek-efek yang ada didalamnya yang akhirnya halaman yang ditampilkan akan menjadi sangat baik

g. Dealing with error condition.
Handling atau penanganan error yang terjadi.
Fungsi dari browser antara lain adalah untuk melakukan atau menampilkan halaman web atau interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.


Cara kerja Web Browser





Misalkan saya ingin membuka sebuah situs, kemudian saya mengetikkan alamat url dari blog yang dituju pada browser. Kemudian alamat tersebut akan dilewatkan oleh suatu protocol HTTP melewati port 80 atau 443 pada server. Web browser akan mengirimkan suatu aturan yang biasa disebut protocol, protocol yang biasa digunakan adalah TCP/IP. Setelah dikirimkan ke web server, maka web server akan merespon request dari web browser tersebut. Web server akan memeriksa web file, apakah ada atau tidak alamat yang di request oleh browser tadi dan mengirimkan kembali, lalu browser akan menerjemahkan coding HTML yang dikirimkan oleh server menjadi suatu halaman web. Namun jika halaman tersebut tidak ada di dalam web server maka respon yang dikirimkan berupa pesan dengan kode 404 yang berarti tidak ditemukan.

Jenis-jenis Web Browser

  • Mozilla Firefox
  • Google Chrome
  • Internet Explorer
  • Opera 
  • Safari dll




Sumber :
https://www.google.co.id/search?q=cara+kerja+web+browser&biw=1440&bih=799&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=AqZRVZzXL4yNuASkoICgAg&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAQ#imgrc=_
https://www.google.co.id/search?q=cara+kerja+web+browser&biw=1440&bih=799&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=AqZRVZzXL4yNuASkoICgAg&sqi=2&ved=0CAYQ_AUoAQ#tbm=isch&q=web+browser
http://dilihatya.com/1575/pengertian-web-browser-menurut-para-ahli
http://catatantempel.blogspot.com/2012/11/web-browser-pengertian-manfaat-dan.html
https://krismayaismayanti.wordpress.com/2013/05/07/pengertian-manfaat-dan-rincian-web-browser/
Posting Komentar

Back to Top