Softskill : Review Jurnal Bisnis Informatika

Diposting oleh Label: pada
Tugas Softskill Bisnis Informatika kali ini adalah mengenai review sebuah jurnal mengenai Bisnis Informatika. Jurnal Sarjana Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan.

Judul Jurnal : Aplikasi Multimedia Pembelajaran Tentang Memori Menggunakan Adobe Flash

ABSTRAK


Pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer mengenai materi memori bagi sebagian mahasiswa cukup sulit untuk dipahami terutama dalam menentukan kecepatan memori. Pemahaman tentang materi tersebut memerlukan penalaran logika, dan kemampuan dalam mencerna bahan ajar berdasarkan buku teks yang ada. Buku teks yang ada seringkali memerlukan usaha ekstra bagi yang mempelajarinya untuk dapat memahami secara jelas dan nyata. Penyampaian materi selama ini belum menggunakan alat bantu sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi organisasi dan arsitektur komputer khususnya mengenai materi memori menggunakan mikrotik.

Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data dengan menggunakan metode studi literature, dan observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, perancangan konsep, perancangan isi, perancangan story board, implementasi system, dan pengujian sistem dilakukan dengan black box dan alpha test.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran materi memori bagi mahasiswa teknik informatika di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran organisasi dan arsitektur komputer.

PENDAHULUAN


Materi memori dapat diperoleh dalam matakuliah organisasi dan arsitektur komputer pada program studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Pemahaman tentang materi tersebut memerlukan penalaran dan kemampuan dalam mencerna bahan ajar berdasarkan buku teks yang ada. Buku teks yang ada seringkali memerlukan usaha ekstra bagi yang mempelajarinya untuk dapat memahami secara jelas dan nyata.

Berdasarkan tabel di atas, mahasiswa yang mendapat nilai di bawah 60 ada 35% atau 7 mahasiswa. Sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa masihlah kurang yang ditandai dengan nilai mahasiswa yang masih lebih rendah dari kompetensi.

Dari hasil kuisioner dengan 20 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer, 60% menyebutkan bahwa meteri memori ini merupakan salah satu materi yang sukar untuk dipahami, hal ini disebabkan karena sistem pembelajarannya masih bersifat klasikal dalam artian bahwa hanya sebatas menggunakan Power Point saja. Oleh karena itu akan dirancang dan dibuat sebuah media pembelajaran mengenai materi tersebut. Perancangan media pembelajaran materi memori berbasis multimedia ini dirancang dan dibangun untuk mahasiswa Teknik Informatika UAD dengan harapan dapat membantu para mahasiswa dalam mempelajari materi tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut di atas, penulis akan mencoba membuat sebuah media pembelajaran yang dapat membantu memudahkan mahasiswa dalam memahami materi dan penyelesaian studi kasus pada materi memori.

METODE PENELITIAN


1. Metode Pengumpulan Data
    1.1 Metode Literatur
Metode ini dilakukan dengan cara studi pustaka dengan membaca dan membandingkan buku-buku referensi tentang antrian, internet, dan artikel yang terkait.
   1.2 Metode Interview
Metode pengumpulan data dengan cara wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait, yaitu dosen pengampu mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer dan mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer
   1.3 Metode Koesioner
Metode ini dilakukan dengan cara memberikan koesioner kepada mahasiswa yang telah mengambil mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer untuk melihat permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran dikelas, terutama dalam pembelajaran memori.

2. Analisis User
Analisis user ialah untuk menentukan user, dilakukan penentuan mengenai siapa saja yang membutuhkan aplikasi media bantu ini. User dari sistem ini adalah mahasiswa. Mahasiswa yang nantinya menggunakan aplikasi sebagai alat untuk membantu dalam pemahaman materi memori, sehingga aplikasi yang akan dibangun harus menampilkan informasi yang dibutuhkan mahasiswa dan nantinya aplikasi yang dibangun diharapkan mampu meningkatkan pemahaman materi sesuai dengan kompetensi dasar yaitu dapat menyelesaikan studi kasus memori.

3. Analisis Kebutuhan User
Kebutuhan mahasiswa adalah materi memori yang lengkap dan mudah dipahami. Materi dilengkapi dengan contoh soal dan simulasi tentang memori yang berisi perhitungan dari studi kasus untuk memperjelas dalam memahami langkah-langkah penyelesaian, selain itu mahasiswa membutuhkan latihan yang disertai pembahasan, serta evaluasi untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang materi memori.

4. Analisis Kebutuhan Sistem
Untuk memenuhi kebutuhan user aplikasi multimedia ini memiliki beberapa fasilitas menu yaitu materi, latihan dan evaluasi. Materi yang diberikan dilengkapi dengan contoh soal dan pembahasannya. Dalam materi juga terdapat simulasi tentang memori yang berisi perhitungan dari studi kasus untuk memperjelas dalam memahami langkah-langkah penyelesaian memori. Latihan yang berisi studi kasus di mana terdapat pengecekan benar atau salah dan pembahasan. Evaluasi untuk mengetahui pemahaman mahasiswa tentang materi memori.

5. Perancangan Sistem
Tahap perancangan sistem merupakan kelanjutan dari analisis data, sehingga data yang akan dibuat dapat disusun dengan mudah, dan tepat pada sasaran yang telah ditetapkan sebelum menyusun suatu aplikasi. Langkah yang harus dilakukan adalah dengan membuat rancangan aplikasi terhadap permasalahan yang dibahas dengan harapan agar pembuatan aplikasi tidak meluas dari pokok permasalahan.

KESIMPULAN JURNAL


a. Telah dibuat aplikasi program bantu pembelajaran sebagai sarana belajar mengenai mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer khususnya materi memori.

b. Aplikasi pembelajaran menggunakan komputer berbasis multimedia ini merupakan program aplikasi yang dapat digunakan sebagai alat bantu belajar mata kuliah organisasi dan arsitektur komputer khususnya materi memori., untuk mahasiswa jurusan Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan.

c. Telah dilakukan uji coba program yang menunjukan bahwa aplikasi yang telah dibuat dapat berjalan dengan baik.

d. Dengan menggunakan aplikasi ini mahasiswa lebih mudah dalam memahami materi memori dan mahasiswa dapat menyelesaikan studi kasus dalam model antrian.

REVIEW JURNAL


Dari Jurnal ini didapat bahwa aplikasi telah berjalan dengan baik dan mahasiswa menjadi lebih mudah memahami materi Memori. Jurnal ini pun sudah cukup baik dalam pembuatannya dan memberikan kejelasan dalam UI dari program sehingga para pembaca Jurnal pun dapat memahami gambaran dari program meskipun tidak memakai program tersebut.
Dalam Jurnal ini pun terdapat perbandingan sebelum dan sesudah program tersebut dibuat yang menjadi nilai tambah untuk pembuatan Jurnal ini.

REFERENSI JURNAL


http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF/article/download/2529/1563 di akses 24 Nov 2016

Posting Komentar

Back to Top