Softskill : Ulasan Bisnis Informatika

Diposting oleh Label: pada
HAAI...!! Sekarang ini admin mau sedikit mengulas tentang "Bagaimana Mencari Informasi Peluang Usaha di Bidang TI", "Tentang Pengembangan Usaha" dan "Perkembangan Bisnis Teknologi di Dunia". Semua ulasan  ini adalah tugas mata kuliah Softskill semester 7 :).
Pertama kita harus tau dulu nih apa itu Technopreneurship? karena ini adalah suatu sebutan untuk wirausaha bidang teknologi. 
Technopreneurship (wirausaha bidang teknologi), Technopreneurship adalah sebuah wirausaha/ inkubator bisnis berbasis teknologi, model materi ini merupakan strategi terobosan baru untuk mensiasati masalah pengangguran intelektual yang semakin meningkat. 
Contoh orang yang berhasil dan terkenal menjadi wirausaha teknologi yaitu Bill Gates (Microsoft), Steve Jobs(Apple), dan Kevin Mitnick(Konsultan Security). 

Proses mencari informasi peluang usaha

  • Informasi tentang kepribadian dan kemampuan dirinya Temu kenali Diri Anda
  • Peluang yang dapat diraih
  • Kebutuhan dan keinginan konsumen
  • Situasi persaingan
  • Lingkungan yang dihadapi
  • Dukungan dan trend kebijakan pemerintah
Tahapan pengembangan usaha
  • Ide usaha --> Mencari produk yang beda dan baru
  • Kelayakan --> Kelayakan produk dalam masa sekarang
  • Business Proses --> Memulai produksi yang produk yang sudah direncanakan
  • Prestasi --> Hasil yang memuaskan
  • Sumber ide usaha
  • Berdasarkan keahlian (mis: latar belakang pendidikan)
  • Merupakan usaha warisan
  • Membuat inovasi baru
  • Menyesuaikan dengan kebutuhan sekitar
Faktor utama sebelum memulai usaha
  • Faktor kesukaan
  • Faktor keahlian atau familiaritas
  • Faktor dana
  • Faktor bahan baku
  • Faktor sumber daya manusia dan teknologi
  • Faktor kepribadian
Dunia Teknik Informatika seperti sebuah dunia yang menjanjikan untuk para enterpreneur karena terlihat dari sifatnya yang terbuka untuk semua orang yang mempunyai niat sungguh-sungguh. Dunia IT merupakan sebuah dunia yang sangat menjanjikan bagi para entrepreneur karena sifatnya yang sangat terbuka bagi siapa saja yang berminat memasukinya. Untuk mencari peluangnya pun cukup mudah, tidak heran hampir semua orang ingin menjadi entrepeneur di dunia IT.

Ulasan Tentang Pengembangan Usaha

Setiap orang saat ini pasti tergantung kepada komputer ataupun gadget. 

Melalui perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi, kita bisa mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. perangkat yang memudahkan kita, mendapatkan ide dengan cepat dan bertukar pengalaman dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita pun begitu, sekarang, tidak sedikit negara yang menyerahkan teknologi informasi dan komunikasi kepada wanita, wanita dinilai lebih cekatan dalam mengembagkan bisnis di bidang TI.

Dengan demikian, diharapkan dapat mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga kita dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan perangkat ini secara tepat dan optimal, termasuk implikasinya saat ini dan di masa yang akan datang.

Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Didalam perkembangan bisnis di dunia itu sendiri terdapat jenis dan tipe bisnis Terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.

1. Produk -->  Hardware / Perangkat Keras dan Software / Perangkat Lunak
2. Jasa --> Aplikasi E-Commerce dan Infrastruktur informasi dan komputer

Software, bisa dijadikan bisnis dalam melakukan pejualan terhadap software/perangkat lunak. Biasanya menerima pemesanan software sesuai kebutuhan perusahaan yang membutuhkan.
Infrastruktur, biasanya mengenai sebuah bisnis Informatika yang menyediakan sebuah layanan informasi dan komputer, seperti Internet Service Provider, Jaringan Komputer, dll.
E-commerce, tentang Internet berkembang menjadi saluran distribusi global utama untuk produk jasa, lapangan pekerjaan bidang manajerial dan professional. E-commerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :

A. Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer atau sarana electronic lainnya.
B. Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi untuk internet atau fasilitas online lainnnya.
C. Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informas
D. Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.

Perkembangan Bisnis Teknologi di Dunia

Mungkin tak dapat dipungkiri lagi jika Perkembangan teknologi masa kini berkembang sangat pesat. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya Aplikasi-apliaksi Game ataupun Aplikasi Sosial Media. ini adalah salah satu incaran yang paling berkembang dalam bisnis Teknologi. 

Pertumbuhan Kapasitas dan Teknologi menurut Hilbert dan Lopez mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.

TI melakukan berbagai fungsi dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan.

Pada masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan dengan Ilmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education) adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 pada tahun 2009.




Daftar Pustaka :
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi diakses tanggal 22 Nov 2016 
  • http://www.gartner.com/newsroom/id/1363713 diakses tanggal 22 Nov 2016 
  • https://jerryolbinson.wordpress.com/2016/09/26/bagaimana-mencari-informasi-peluang-usaha-di-bidang-ti/ diakses tanggal 22 Nov 2016 
  • https://dannyvinic.wordpress.com/2012/11/06/peluang-usaha-di-bidang-ti-technopreneurship/ diakses tanggal 22 Nov 2016 
  • http://latifwindar.blog.st3telkom.ac.id/2015/12/02/peranan-teknologi-informasi-dengan-dunia-bisnis/ diakses tanggal 22 Nov 2016 

Posting Komentar

Back to Top